Stakeholder Orangutan Bertemu di Bogor Bahas Rencana Aksi

Peserta pertemuan | Foto: forina.or.id

Evaluasi Implementasi Strategi dan Rencana Aksi Konservasi (SRAK) Orangutan 2007-2017 yang ke-empat dikemas dalam Pertemuan Nasional Para Pihak Pemangku Kepentingan Konservasi Orangutan. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 7-8 Nopember 2013 di Hotel Papyrus Bogor, Jawa Barat.

Sebelum melaksanakan kegiatan ini, Forum Orangutan Indonesia (FORINA) melaksanakan pertemuan regional dan melakukan sintesis dari tabel SRAK bersama para fasilitator regional Aceh, Sumatera Utara,Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan perwakilan dari Kalimantan Timur.

Pada pertemuan ini diperoleh beberapa hasil antara lain beberapa rekomendasi terkait dengan kebijakan, perlindungan dan keberadaan habitat, target pelepasliaran 2015, penegakan hukum dan aspek penelitian serta penyadartahuan.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH) Dr. Ir. Novianto Bambang Wawandono, MSi. mewakili Direktur Jendral Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA) Kementrian Kehutanan Republik Indonesia. Pertemuan ini dihadiri oleh sekitar 90 orang dari perwakilan Pemerintah, LSM, Akademisi, Pemerhati dan Swasta.

Ketua FORINA, Herry Djoko Susilo melaporkan proses persiapan dan pelaksanaan pertemuan ini yang dimulai dengan pertemuan regional serta memohon arahan dan informasi tentang kebijakan yang berkaitan dengan konservasi orangutan dan habitatnya.

Pada sambutan tertulis Dirjen PHKA yang dibacakan oleh Direktur KKH menyebutkan bahwa pentingnya kegiatan ini adalah untuk mengetahui sudah sejauh mana dokumen Srategi dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan telah dan akan diimplementasikan serta kendala-kendala apa saja yang dihadapi, maka dipandang perlu untuk dilakukan evaluasi terhadap dokumen tersebut.

Dalam melaksanakan evaluasi tersebut perlu melibatkan seluruh pemangku kepentingan konservasi orangutan sebagaimana yang tengah dilakukan pada kegiatan ini. Pertemuan Nasional sebelumnya telah dilakukan 3 kali, pertemuan yang pertama dilaksanakan di Bogor pada tanggal 26 – 27 Februari 2009, sedangkan pertemuan yang kedua dilaksanakan pada tanggal tanggal 14-15 Juni 2010 dan pertemuan ketiga dilakukan pada tanggal 26-27 September 2013 di Jakarta.

Sumber: forina.or.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *