Banda Aceh Banjir, Aktivis: Walikota Sekarang Lebih Peduli Olahraga

Akibat Banyaknya Saluran Sersumbat

Ilustrasi banjir | Foto : Greenpeace

Banda Aceh – Hujan deras yang melanda Kota Banda Aceh dalam beberapa hari ini telah menyebabkan sebagian besar wilayah kota mengalami banjir, terutama banjir genangan akibat tersumbatnya aliran air yang ada.

“Beda dengan beberapa tahun lalu, meskipun hujan deras, paling hanya beberapa wilayah yang tergenang, tapi sekarang hampir seluruh wilayah Kota Banda Aceh semuanya tergenang, bahkan di wilayah yang padat penduduk seperti di Kecamatan Syiah Kuala, Kecamatan Kuta Alam, Kecamatan Lueng Bata, dan di beberapa gampong di Kecamatan Kota Banda Aceh lainnya. Ini jelas sekali bahwa Walikota Banda Aceh saat ini kurang peka terhadap kondisi lingkungan yang terjadi hari ini,”ungkap TM Zulfikar, Wakil Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Aceh dan juga mantan Direktur Eksekutif WALHI Aceh.

Seharusnya Walikota sekarang lebih banyak bercermin dan belajar dari Mantan Walikota Banda Aceh terdahulu, alamarhum Mawardy Nurdin, yang begitu cekatan dan mampu menjadikan hampir seluruh wilayah Kota menjadi bebas banjir genangan. Namun miris rasanya dengan apa yang terjadi dengan Pemko Banda Aceh saat ini. Kok rasanya beliau lebih peduli dengan olahraga dibanding hal-hal lainnya menyangkut kepentingan publik?

“Maunya ya jangan begitu. Kota Banda Aceh kan sudah berkali-kali meraih penghargaan Adipura sebagai Kota yang ramah lingkungan dan bebas sampah. Seharusnya ini bisa terus dipertahankan hingga memperoleh Adipura Kencana sebagai prestasi terbesar bagi kota-kota besar yang ada di Indonesia. Saya imbau seluruh perangkat Pemko Banda Aceh untuk bisa bekerja serius, karena bagaimanapun Kota Banda Aceh menjadi contoh utama bagi Kota-kota lainnya di Aceh,”kata TM Zulfikar.

Janganlah Pak Walikota kita ini Ngacir saat terjadi Banjir. Namun segeralah singsingkan lengan baju, lipat celana dan mari bersama-sama relawan dan seluruh warga Kota Banda Aceh kita bergotong royong membersihkan drainase, dan seluruh saluran yang tersumbat. Semoga pada saat hujan lebat berikutnya Kota Banda Aceh selamat dari banjir genangan.