Banjir Kembali Terjang Aceh Utara

Banjir di Lhoksukon, Aceh Utara, Jumat (19/12/2014) | Foto: Chairul Sya’ban

Hujan deras terus mengguyur dalam sepekan terakhir ini mengakibatkan banjir kembali melanda sejumlah desa di Kecamatan Lhoksukon, Jum’at (19/14) dan meluas hingga ke tujuh desa di Aceh Utara. Sebelumnya, pada Rabu lalu banjir sempat melanda dua desa di kecamatan tersebut.

Desa yang digenangi banjir meliputi Desa Meunasah Krueng KM 5, Desa Dayah KM 6, Desa Kumbang KM 7, Desa Teungoh KM 8, Desa Buloh KM 9 dan Desa Geulumpang KM 10. Titik banjir yang terparah yaitu di Desa Kumbang KM 7 dan Desa Dayah KM 6.

Di titik yang terparah itu, banjir menggenangi badan jalan Lhoksukon-Cot Girek dengan ketinggian 40 cm. Sedangkan berdasarkan amatan GreenJournalist.Net, ketinggian banjir yang menggenangi rumah warga rata-rata 20 cm sampai 60 cm.

Sementara berdasarkan keterangan dari warga, banjir disebabkan curah hujan yang sangat tinggi. Tak hanya itu, tanggul jebol sepanjang sepuluh meter yang terletak di Desa Kumbang KM 7 juga belum diperbaiki. Walhasil, banjirpun kembali mengganas.

“Tanggul masih jebol dan belum ditangani oleh pihak terkait. Dan akhirnya, banjirpun kembali melanda tempat tinggal kami,” ujar Nasrullah (41), warga setempat.

Terkait bencana banjir ini, melalui handphone, Ketua TIM Search and Rescue (SAR) Aceh Utara, Dahlan, mengatakan, bahwa pihaknya belum bisa menurunkan tim untuk mengevakuasi korban banjir. Pihaknya hanya menerjunkan tim ke lokasi banjir terparah yaitu di Kecamatan Langkahan, Aceh Utara.

“Kita bukan tidak peduli terhadap banjir di Lhoksukon, karena kami masih sibuk mengevakuasi korban banjir di Kecamatan Langkahan. Di kecamatan itu, banjir mencapai ketinggian air dua meter lebih,” kata Dahlan.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, Munawar Ibrahim SE. Kata dia, pihaknya hanya bisa menurunkan tim untuk memantau di lokasi banjir Lhoksukon.

“Kita hanya bisa menerjunkan tim ke lokasi banjir untuk memantau ketinggian air dan bersiaga disana. Sedangkan untuk melakukan pengevakuasian, kita belum bisa melakukannya. Karena kami masih sedang mengevakuasi korban banjir di Langkahan. Disana, kita turunkan enam unit boat karet,” jelasnya.[]

Hingga berita ini diturunkan, korban banjir hanya bisa dibantu oleh pihak Koramil 08 Lhoksukon. Banjir pun kian meluas dengan debit air yang terus menambah.

One Response to Banjir Kembali Terjang Aceh Utara

  1. Excellent post. I was checking continuously this blog and I am inspired!

    Extremely useful info specially the final part 🙂 I maintain such information a lot.
    I used to be seeking this certain information for
    a very long time. Thank you and good luck.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *