Kedubes Inggris Luncurkan Komik Perubahan Iklim

Kedutaan Besar Inggris di Jakarta meluncurkan komik berjudul Noru, mengisahkan keadaan dunia setelah terkena dampak buruk dari perubahan iklim, guna mengajak masyarakat Indonesia lebih waspada dan mulai berupaya melestarikan bumi.

“Saya baru tahu tentang Noru dari Kedubes Inggris di Korea Selatan. Harapan saya melalui komik Noru ini, masyarakat Indonesia yang membacanya mulai berpikir mengenai hal yang bisa dilakukan untuk mengubah iklim di bumi menjadi lebih baik,” kata perwakilan Kedubes Inggris di Jakarta, Stuart Bruce, di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, tujuan diterbitkannya komik online Noru di Indonesia adalah untuk meningkatkan kesadaran akan perubahan iklim serta mendorong pemikiran dan diskusi seputar dampak perubahan iklim, khususnya di kalangan masyarakat usia muda.

Stuart juga mengatakan, laporan Climate Asia dari Media Aksi BBC, yang diluncurkan di Indonesia pada Oktober 2013, menunjukkan, masyarakat Indonesia memiliki pengetahuan paling minim tentang dampak perubahan iklim dibandingkan dengan masyarakat dari seluruh negara di Asia.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya berharap melalui penyebaran komik Noru itu, setiap orang Indonesia yang sudah membacanya dapat berpartisipasi untuk mencegah dampak buruk perubahan iklim dengan kegiatan pelestarian bumi.

“Saya berharap semua orang yang sudah baca Noru akan melakukan aksi sederhana saja untuk pelestarian bumi, seperti mematikan lampu bila tidak diperlukan atau membawa botol air dari rumah sehingga tidak perlu beli air botolan terus-menerus,” ujarnya.

“Saya juga berharap mereka yang sudah menonton akan menyebarkan informasi tentang Noru ini ke orang lain, agar yang lainnya juga tergerak melakukan sesuatu untuk bumi kita,” lanjutnya.

Noru, yang dalam bahasa Korea berarti rusa, diciptakan komikus Korea Selatan, Sung-Ho An. Komik online Noru ini pertama kali dikeluarkan dalam bahasa Korea oleh Kedubes Inggris dan British Council di Korea Selatan.

Situs www.noruindonesia.com akan diluncurkan bersamaan dengan episode pertama komik online Noru, yakni pada 2 April 2014. Episode selanjutnya akan diluncurkan melalui situs tersebut setiap dua minggu sekali.

“Episode kedua akan diterbitkan pada 16 April, episode ketiga pada 30 April dan seterusnya hingga episode ke-18 pada akhir November 2014,” jelas Stuart.

Hak publikasi dan terjemahan bahasa Indonesia untuk Noru Indonesia didukung sepenuhnya oleh Kedubes Inggris dan Unit Perubahan Iklim Inggris di Jakarta.

Sumber: antaranews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *