close
Flora Fauna

Spesies Hiu Asal Halmahera Ini Bisa Berjalan

Spesies hiu baru | Foto: CI

Sebuah penelitian dari badan konservasi internasional menemukan spesies baru ikan hiu yang bisa berjalan. Spesies baru itu berada di perairan Indonesia. Laut Indonesia memang begitu kaya. Kondisi ini dimanfaatkan Badan Konservasi Internasional Amerika Serikat untuk meneliti perairan bumi pertiwi.

Yang menakjubkan, mereka berhasil menemukan spesies baru ikan hiu di perairan Pulau Halmahera, Maluku Utara. Namanya Hemiscyllium Halmahera.

Uniknya, ikan hiu ini bisa berjalan di dasar laut dengan menggunakan sirip yang berfungsi sebagai kaki. Panjangnya hanya 70 centimeter dan diklaim tidak berbahaya bagi manusia.

Selain meneliti perairan Halmahera, badan konservasi itu juga mengunjungi Raja Ampat, Papua, untuk melihat kawasan perlindungan ikan pari manta terbesar di dunia. Ikan pari manta merupakan spesies ikan pari terbesar dengan panjang maksimal 7,5 meter.

Pemerintah Daerah Raja Ampat, Papua, sendiri telah menetapkan kawasan perlindungan ikan pari manta ini sebagai lokasi tujuan wisata pari manta terbesar kedua di dunia.[]

Sumber: liputan6

Tags : hiupaus

Leave a Response