Mungkinkah Dinosaurus Hidup Kembali?

Ilustrasi | Foto: int

Kembalinya spesies dinosaurus bisa saja terjadi. Dinosaurus bisa dihidupkan kembali dengan memanfaatkan DNA burung.

Para ahli dari Oxford percaya bahwa mengidentifikasi dan mengubah gen tertentu yang ditemukan dalam DNA burung bisa merekayasa genom makhluk prasejarah ini setelah 20 juta tahun mereka mati.

Ahli biokimia Oxford, Dr Alison Woollard mengatakan, secara teoritis mungkin untuk menciptakan spesies melalui DNA. Seekor nyamuk baru-baru ini ditemukan memiliki darah hewan lain dalam perutnya sejak 46 juta tahun.

“Kita tahu bahwa burung adalah keturunan langsung dari dinosaurus, sebagaimana dibuktikan oleh garis tak terputus dari fosil yang melacak evolusi garis keturunan makhluk seperti velociraptor atau T-Rex melalui burung-burung yang terbang di sekitar kita sekarang,” kata Dr Woollard.

“Yang paling terkenal adalah Archaeopteryx, sebuah fosil yang jelas menunjukkan transisi antara dinosaurus berbulu dan burung modern,” katanya.

Untuk membuat genom penuh, para ilmuan harus menggabungkan jutaan fragmen asam nukleat yang dengan urutan yang benar, seperti menyusun sebuah puzzle jigsaw besar.

Sumber: NGI