Babak Baru Perseteruan Konservasi Orangutan Batangtoru

Orangutan Tapanuli | Foto: sciencemag.org

Penulis: Dyna Rochmyaningsih

Organisasi konservasi berbasis di Swiss PanEco melakukan sikap yang dianggap diluar dari kebiasaan bulan lalu. Selama bertahun-tahun, mereka sangat menentang rencana Indonesia membangun dam Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Sumatera Utara, sebuah proyek yang katanya menjadi ancaman bagi eksistensial tak kurang dari 800 orangutan Tapanuli yang tersisa (Pongo tapanuliensis), spesies yang baru diakui dan berusaha diselamatkan mati-matian oleh PanEco. Tetapi pada tanggal 23 Agustus, organisasi ini mengumumkan kemitraan untuk mengurangi dampak bendungan dengan perusahaan yang membangunnya dan pemerintah Indonesia.

Ahli biologi Regina Frey, pendiri dan presiden PanEco, mengatakan dia hanya membuat yang terbaik dari situasi yang buruk. “Proyek ini menjadi agenda utama pemerintah … dan akan diimplementasikan dalam hal apa pun. Sangat masuk akal untuk mengubah strategi kami, ”kata Frey kepada majalah Science. Orangutan sekarang memiliki pemerintah dan perusahaan “di pihak mereka,” anggota dewan Carel van Schaik, seorang ahli primata di Universitas Zurich di Swiss, menulis dalam sebuah pernyataan.

Tetapi beberapa ilmuwan dan konservasionis merasa dikhianati. Sebuah kelompok internasional bernama Aliansi Para Peneliti dan Pemikir Lingkungan Hidup (ALERT) menyebut kemitraan baru itu “Sebuah kasus klasik dari greenwashing yang agresif,” dan mengatakan PanEco telah ditekan ke dalam perjanjian oleh perusahaan, PT North Sumatra Hydro Energy (PT NSHE) yang berpusat di Jakarta dan pemerintah Indonesia, dengan ancaman kehilangan izin untuk beroperasi di Indonesia.

“Memalukan bahwa PanEco menyerah pada intimidasi perusahaan bendungan,” tulis Mighty Earth, sebuah kelompok konservasi di Washington, D.C. Tekanan serupa juga membuat PanEco memecat dua peneliti asingnya awal tahun ini, kata anggota ALERT.

Namun baik PanEco dan PT NSHE menyangkal ada pengaruh jahat dalam keputusannya. Pembangunan bendungan 510 megawatt, senilai US$1,6 miliar, bagian dari Inisiatif Sabuk dan Jalan Cina, dimulai pada 2017. Tetapi lokasinya di ekosistem Batang Toru mengancam habitat orangutan Tapanuli, yang ditemukan pada 1997 oleh konservasionis Belanda Erik eijaard. Dalam sebuah makalah 2017, para peneliti menunjukkan bahwa kera ini cukup berbeda secara morfologis dan genetik dari dua spesies orangutan yang dikenal, Sumatra dan Borneo, sehingga disebut spesies baru. Jalan Raya Trans-Sumatera dan Sungai Batang Toru membagi spesies, yang paling langka dari kera besar, menjadi tiga subpopulasi dari 581, 162, dan 24 individu, kata ahli primata Serge Wich dari Liverpool John Moores University di Inggris.

Peneliti Indonesia yang bekerja sama dengan PT NSHE mengatakan bendungan itu tidak terlalu mengancam. Sebuah survei baru-baru ini oleh para ilmuwan di Fakultas Kehutanan IPB Bogor menyimpulkan bahwa dam akan membanjiri kurang dari 0,1% dari habitat kera sepanjang 1051 kilometer persegi – dan “hanya akan membuat gangguan kecil,” kata dosen senior IPB Haryanto Putro .

Sebuah survei 2018 yang dipimpin oleh Yanto Santosa, juga dari IPB menunjukkan bahwa lebih dari 50% sarang orangutan di konsesi PT NSHE telah ditinggalkan dan hanya 17 kera yang berkeliaran di area itu.

“Ini menunjukkan bahwa lokasi pembangunan bendungan bukan habitat utama Orangutan Tapanuli,” tulis Santosa. Perusahaan juga akan membangun jembatan ramah orangutan untuk menghubungkan subpopulasi, kata Agus Djoko Ismanto, penasihat lingkungan senior PT NSHE, dan akan melakukan tindakan lain seperti menanam pohon buah-buahan sebagai makanan orangutan.

“Jadi kami benar-benar membantu konservasi orangutan,” kata Ismanto, yang mengatakan tim IPB sepenuhnya independen: “Saya tidak pernah memengaruhi pekerjaan mereka.”

Tetapi pendiri ALERT William Laurance dari James Cook University di Cairns, Australia, mengatakan genangan hanya satu masalah. Jalan yang dibuka untuk konstruksi dan pemeliharaan adalah ancaman yang sangat berbahaya karena mereka membuka habitat kera bagi pemburu liar, penebang liar, penambang, dan perambah, ”kata Laurance. Jumlah sarang yang ditingglakan tidak ada artinya, Wich menambahkan. Orangutan sering berpindah-pindah, jadi menemukan setengah dari sarang yang ditinggalkan bukanlah hal yang aneh, katanya.

Pengalaman lebih jauh ke utara di ekosistem Leuser Sumatra menunjukkan bahwa koridor jembatan berfungsi baik untuk kera tetapi tidak untuk orangutan, ia menambahkan, “Mereka tidak menyukai hal-hal baru.” Para ilmuwan ALERT mengatakan pembangunan bendungan harus dibatalkan sama sekali. May menyebut kepergian dua ilmuwan PanEco, keduanya mengkritik blak-blakan pembangunan bendungan: Gabriella Fredriksson dan Graham Usher, yang mendirikan stasiun penelitian orangutan PanEco di Batang Toru pada tahun 2006.

Frey mengatakan keputusan itu dibuat “dengan persetujuan bersama” karena keduanya “menemukan terlalu sulit untuk memulai strategi baru dengan keyakinan penuh. “Tetapi Fredriksson, dalam pesan teks ke Majalah Science, menulis,” Kami telah dipecat dan disimpan dalam kegelapan.”

Beberapa ilmuwan mencurigai adanya hubungan antara keberangkatan dua ilmuan PanEco dan kunjungan ke Frey oleh politisi dan mantan aktivis lingkungan Emmy Hafild — yang mendukung bendungan — dan mantan menteri lingkungan Sonny Keraf.

“Pemahaman kami Hafild mengancam mengancam PanEco atas nama PT NSHE bahwa jika mereka tidak memecat Gabriella dan Graham, akan sangat sulit bagi mereka untuk terus beroperasi di Indonesia,” kata Amanda Hurowitz, direktur program kera besar di Mighty Bumi. “Itu seharusnya tidak terjadi dalam demokrasi,” kata Wich. “Ini benar-benar hari yang gelap untuk konservasi Indonesia.”

Hafild membantah versi peristiwa itu. “Saya hanya mengingatkan mereka tentang konsekuensi jika mereka terus menentang bendungan,” katanya. PanEco diizinkan melakukan penelitian dan konservasi di Indonesia, kata Hafild, tetapi tidak melakukan advokasi.

“Jika staf saya melakukan kampanye yang melanggar perjanjian saya dengan pemerintah Indonesia,” tambahnya, “tentu saja saya akan memecat mereka.” Frey mengatakan pertemuan dengan Hafild, yang katanya adalah teman lama, “sangat ramah. ”

Para ilmuwan mengklaim telah ada bentuk tekanan lain juga. Meijaard mencurigai PT NSHE berada di belakang siaran pers yang bertajuk “Listrik untuk Peradaban,” dari Simanboru, sebuah komunitas Pribumi, yang menuduhnya dan yang lainnya menjalankan “kampanye hitam” untuk mempengaruhi debat dengan argumen palsu.

Dia juga percaya bahwa perusahaan itu memicu protes baru-baru ini di Jakarta untuk menuntut deportasi Fredriksson dan Ian Singleton, ilmuwan PanEco lainnya. Ismanto mengatakan klaim itu tidak berdasar

“Mereka menuduh saya melakukan begitu banyak hal buruk,” katanya. “Mereka hanya mengada-ada.” Dia mempertanyakan peran ilmuwan asing dalam perdebatan, namun: “Indonesia telah merdeka selama beberapa dekade dan orangutan adalah bagian dari kekayaan alam kita,” katanya. “Kami tidak membutuhkan bule untuk melindungi mereka.”

Penulis, Dyna Rochmyaningsih adalah jurnalis sains berbasis di Deli Serdang, Indonesia. Tulisan ini dimuat dalam bahasa Inggris di sciencemag.or