Mikroplastik Mencemari Ekosistem Perairan

Ilustrasi | Foto: google.com

Ini bukan berita baru bahwa plastik tidak bisa terurai. Namun hampir 50 persennya tidak pernah berakhir di tempat sampah. Parahnya, sekitar 80 persen sampah plastik di lautan kita berasal dari tanah. Plastik pasti menjadi bagian dari ekosistem kita dari atas ke bawah. Tentu saja, kita berpikir tentang lingkungan yang paling murni seperti yang di puncak gunung tertinggi. Air meresap ke hulu di puncak gunung turun melompat batu dan jatuh melalui hutan ke danau, akhirnya muncul ke sungai yang lebih besar dan akhirnya masuk ke lautan. Sepanjang jalan pengaruh manusia mempengaruhi kemurnian air. Secara umum, air menjadi lebih tercemar dengan tiap tingkatan aliran tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa air tidak semurni seperti yang kita pikir ketika mulai mengalir.

Para peneliti baru-baru ini menemukan fakta terkait microplastics yang mengkhawatirkan di Danau Garda, sebuah danau sub alpine terletak di Pegunungan Adamello – Presanella, bagian dari Pegunungan Alpen Italia. Microplastics ditemukan di Danau Garda adalah kejutan.

Microplastics, potongan-potongan kecil plastik, biasanya kurang dari 5 milimeter ( 0,2 inci ), buatan manusia. Beberapa dari mereka terbentuk dari serpihan plastik besar di lingkungan. Jenis lain berasal dari serat sintetis dipecah dari pakaian, konsumen lainnya dan produk perawatan pribadi serta bahan bangunan.

Penelitian yang dipimpin oleh Christian Laforsch dari University of Bayreuth Jerman melakukan penelitian Danau Garda dan menemukan jumlah partikel microplastic dalam sampel sedimen di Danau Garda, serupa dengan yang ditemukan dalam studi sedimen pantai laut. Laforsch berkata, ” Keberadaan partikel microplastic dalam subalpine hulu menunjukkan relevansi yang lebih tinggi dari partikel plastik di perairan dataran rendah.

“Bahan kimia plastik bersifat karsinogen, endokrin – mengganggu atau beracun, ” kata Laforsch. ” Selain itu, polimer dapat menyerap racun polutan organik hidrofobik dan mengangkut senyawa berbahaya untuk habitat yang kurang tercemar. Sejalan dengan hal ini, sampah plastik dapat bertindak sebagai vektor untuk spesies asing dan penyakit. ”

Penelitian microplastic lainnya sedang dilakukan di Great Lakes. Sherri Mason, Associate Professor Kimia di Universitas Negeri New York ( SUNY ) mengukur kandungan microplastics di Great Lakes. Penelitian awal pada Lakes Superior, Huron dan Erie diselesaikan pada tahun 2012 . Sisa dua lagi, Danau Ontario dan Michigan akan selesai tahun ini. Jumlah tertinggi partikel microplastic sejauh ini ditemukan di Danau Erie di mana lebih dari 600.000 potongan per kilometer persegi yang ditemukan di bagian danau.

Karena microplastics tidak biodegradable, mereka bertahan di lingkungan selama bertahun-tahun. Ketika terperangkap dalam sedimen mereka akan bertahan selama beberapa dekade. Pembersihan polusi cenderung mahal dan sulit.

Semua ilmuwan prihatin bahwa microplastics dapat mengganggu kemampuan organisme untuk menyediakan makan, menyebabkan gangguan dalam jaring makanan akuatik . Selain itu, microplastics mungkin memainkan peran dalam transfer kontaminan kimia biota perairan yang mempengaruhi kondisi lautan dan daerah aliran sungai di dunia.

Sumber: enn.com