Subhanallah, Peneliti Temukan Listrik dari Virus

Ilustrasi | Foto: google.com

Virus tidak selamanya diciptakan sebagai parasit (pengganggu,red) untuk makhluk hidup. Tetapi terkadang juga dapat memberikan manfaat  bagi makhluk lainnya. Salah-satu fungsi yang bisa didapatkan dari makhluk ciptaan Allah SWT itu adalah untuk bidang teknik kelistrikan, yaitu kemampuan untuk memproduksi energi listrik.

Meskipun jumlah daya yang dihasilkan tidak terlalu besar, tetapi dapat membantu menggerakkan beberapa fasilitas di dalam rumah untuk kebutuhan sehari-hari.

Dilansir BBC, pada Awal 2013, tim peneliti dari Universitas California menemukan salah satu penghasil sumber energi listrik berasal dari virus. Virus itu bernama M13 bacteriophage hanya bertugas menyerang bakteria, serta memiliki sifat yang jinak terhadap manusia.

Dan hasilnya, tim peneliti berkesimpulan, listrik yang dihasilkan itu dapat menutup dan menaiki pintu tangga.

Menurut Seung-Wuk Lee, salah seorang peneliti dari Universitas California mengatakan,  daya yang dihasilkan memang tidak besar, tetapi bisa digunakan untuk menggerakan pintu tangga.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, keuntungan menggunakan virus sebagai sumber energi adalah mereka dapat mengatur dirinya sendiri menjadi film yang tertata dan bisa menggerakkan generator. Dengan menggunakan elektroda sebesar perangko dan film yang terbuat dari virus, generator listrik dapat terciptakna namun dengan menggunakan material piezoelevtric  yang berfungsi untuk mengkonversi energi.

Pola yang diterapkan adalah memalui cara penyusunan sistem generator dengan memasang lapisan film yang terdapat virus di tiap lapisannya.  Tim peneliti itu menemukan, dengan 20 lapisan film dapat menghasilkan efek piezoelectric sangat kuat.

Sedangkan untuk proses pengeluaran dayanya itu dimulai ketika jemari menyentuh elektroda, virus kemudian terkonversi menjadi listrik.

Namun demikian, tim peneliti dari California itu masih memerlukan beberapa penelitian dan analisis lebih lanjut. Akan tetapi langkah  utama yang dilakukan itu sangat menjanjikan terhadap pengembangan pembangkit listrik ke depannya.

Bagi ummat Islam, tentunya dengan adanya penemuan salah satu sumber listrik dari virus ini dapat memberikan pengetahuan dan mampu menambah keyakinan bagi kita, bahwa setiap Allah menciptakan makhluk  sekecil apapun pasti ada manfaatnya.  Dan, hal tersebut termaktub dalam al-quran surat Al Baqarah ayat 26 yang artinya,