Mahasiswa Temukan Spesies Burung Baru di Kampus IPB

Kadalan Birah atau Chesnut-breasted Malhoka (Phaenicophaeus curvirostris) di IPB | Foto: Himakova

Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (HIMAKOVA) Fakultas Kehutanan IPB kembali mencatat spesies baru dari burung (aves) di kawasan Kampus IPB Dramaga. Kali ini, Kelompok Pemerhati Burung (KPB) “Perenjak” HIMAKOVA menemukan burung dari suku Cuculidae berjenis Kadalan Birah (Phaenicophaeus curvirostris), atau yang dalam bahasa Inggris disebut Chesnut-breasted Malhoka.

“Kadalan Birah, selain baru tercatat keberadaannya di Kampus IPB Dramaga, juga baru tercatat keberadaannya di Hutan Pendidikan Gunung Walat (HPGW) Sukabumi saat anggota KPB Himakova melakukan pengamatan burung pada tanggal 7 September 2013. Saat itu, Reza Aulia Ahmadi yang menemukan spesies ini dan sempat membuat artikelnya,” kata Ketua Biro Infokom HIMAKOVA Arizka Mufida.

HIMAKOVA yang aktif melakukan monitoring burung di Kampus IPB Dramaga, telah mencatat sekitar 90 spesies burung yang ada di kampus ini. Kadalan Birah sendiri ditemukan oleh anggota KPB ketika melakukan pengamatan di sekitar Kebun Sawit Cikabayan, Kampus IPB Dramaga, usai praktikum Inventarisasi Mamalia pada Senin (25/11/2013).

“Kadalan Birah termasuk jenis burung yang sulit ditemukan di kampus IPB Dramaga. Sebenarnya pada monitoring KPB sebelumnya, sudah pernah ditemukan spesies ini, namun karena masih sekali ditemukan dan tidak ada dokumentasi sehingga buktinya masih belum kuat. Adanya dokumentasi dari Ichy, membantu proses identifikasi dan menjadi bukti otentik adanya spesies ini,” ujar Ketua KPB HIMAKOVA Muhammad Fahmi Permana.

Kadalan Birah memiliki ciri-ciri morfologi yang cukup mencolok, dengan ukuran tubuh 49cm serta warna yang dominan hijau dan merah karat pada seluruh tubuhnya. Burung ini umum dijumpai di dataran rendah dengan kebiasaan mengunjungi semak belukar, padang alang-alang dan bertengger di tajuk-tajuk pohon kecil bersama pasangannya ataupun dengan keluarga kecil.

“Pada saat ditemukan, burung tersebut sedang bertengger dan meloncat-loncat di ranting pohon Sengon dan ditemukan berpasangan. Awalnya, saya mengira burung ini adalah Burung Bubut. Namun, setelah dilakukan pengambilan foto yang dilanjutkan dengan identifikasi jenis, diketahui bahwa burung tersebut merupakan Kadalan Birah,” tutur Richsy M Fauzi (Ichy), anggota KPB HIMAKOVA yang menemukan spesies tersebut.

Kampus IPB Dramaga menjadi habitat beragam jenis burung karena kondisi kampusnya yang mendukung, salah satunya daerah Cikabayan. Kondisi Cikabayan yang mempunyai berbagai vegetasi, di antaranya tegakan karet, sengon, kelapa sawit, padang alang-alang dan vegetasi hutan alam lainnya, menjadi faktor utama keberagaman jenis burung di kampus ini.[]

Sumber: republika.co.id